Home » » Cara Kerja Sistem Injeksi Pada Mobil (Electronoc Fuel Injection)

Cara Kerja Sistem Injeksi Pada Mobil (Electronoc Fuel Injection)

Posted by Motor Rusak on Minggu, 24 Mei 2015

Cara Kerja Sistem Injeksi Pada Mobil (Electronoc Fuel Injection) - Perkembangan teknologi semakin macju dan semakin canggih, begitu juga dengan perkembangan kendaran bermotor baik sepeda motor maupun mobil, yang ikut berperan dalam perkembangan teknologi. Banyak kendaraan yang menghasilkan polusi udara, oleh sebab itu perkembangan teknologi pada kendaraan bermotor adalah sistem injeksi. sistem injeksi merupakan penhanti dari sistem karbolator yang telah lama dipakai. Kedua sistem ini memiliki prinsip yang sama yaitu memberi campuran bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar mesin. Perbedaan utama sistem injeksi dan karbulator adalah pada sistem injeksi bahan bakar yang sudah diatomisasi disemprotkan pada bahan bakar dengan tekanan tinggi melalui nozel, sedangkan pada karbulator bahan bakar yang masuk tergantung juga pada hisapan dari penggerak piston.

Cara Kerja Sistem Injeksi Pada Mobil (Electronoc Fuel Injection)
WikipedianProlific at the English language Wikipedia [GFDL or CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons

Cara Kerja Sistem Injeksi

Teknologi injeksi merupakan salah satu dimana bahan bakar secara lanung bahan bakar dip[asok pada rung silender intaake manifold. Pada kendaraan bermotor yang sudah mengguanakan teknologi Injeksi memiliki bagain yang berperan mengontrl dan mengatur pasokan udara dan bahan bakar kedalam ruang pembakaran secara efektif dan efisien. Bagian pengontrol ini terdapat sensor  (berupa eletronik) yang berfungsi mengatuir jumlah udara dan bahan bakar secara homogen sesuai dengan kebutuhan mesin.

Selama sensror bekerja dengan baik, kerusakan yang terjadi sangat kecil. Sistem throttle body pasokan bahan bakar yang terletak di throttle body langsung ke ruang asupan sedangkan sistem titik tunggal akan memasok bahan bakar dari injektor tunggal. Sensor  ini membaca putaran mesin dan jumlah udara yang kemudian hasil bacaan tersebut akan dikirimkan ke ECU, dan ECU akan menghitung serta mengolah  yang selanjutnya akanb menentukan jumlah bahan bakar yang akan diemprotkan kedalam ruang pembakaran.

  • Poor spray pattern (obstruction in spray path)
  • Good spray pattern but weak supply (clogged filter)
  • Poor spray pattern (obstruction in spray path)
  • Very poor spray pattern (major obstruction in spray path)
  • Good spray pattern with good supply (cleaned injector)
  • Very poor spray pattern (major obstruction in spray path)
Pada saat bahan bakar mengalir dari tangki menuju pross atomisasi atau pengkabutan bahan bakar akan disemprotkan melalui throttle valve. Proses pengkabutan terjadi karena bahan bakar mengalami pengampatan dan mendapat tekanan yang lumayan tinggi, sehinggga memperoleh hasil kabut dan asap. Bahan bakar yang talah berubah menjadi kabut ini akan dikeluarkan melalui injector canonical yang berhadapan dengan ruang pembakaran.
Dengan mengunakan teknologi injeksi ini bahan bakar secara efisien akan bercamour dengan udara dan dipasok ke ruang pembakaran untuk menghasilkan tenaga yang lebie efisien.

Keunggulan mobil atau motor dengan sistem injeksi

Dari cara kerja sistam injeksi pada kendaraan bermotor akan mendapatkan banyaj keuntungan dibandingkan dengan menggunakan karbulator. Berikut keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan sistam injeksi

1. Efisiensi BBM atau dengan kata Lain lebih Hemat BBM

Pada kerbulator bahan bakar yang masuk tidak semuanya akan terbakar sehingga kurang efisien, sedangkan pada sisem injeksi semua bahan bakar yang masuk akan terbakar semua, sehingga kebih efisien dan tidak ada yang terbuang.

2. Emisi Gas Buang Yang lebih rendah.

Emisi gas buang pada sistem injeksi sangat rendah dibanding sistam karbulator, hal ini dikarenakan pembakaran yang sempurna.

3. Tenaga Mesin lebih besar

Dengan sempurnanya pembakaran menjadikan mesin bekerja lebih sempurna dan memiliki tenaga yang lebih besar. Selain itu konstruksi injektor tepat berada pada intake manifold sehingga pembakaran lebuh mohugen dan menghasilkan pembakaran yang sempurna.

4. Lebih Mudah Perawatan

Perawatan mesin lebih mudah karana sistem injesi bersifat elektrik, karena tidak perlu bongkar karbulator pada saat service rutin, hanya perlu menyetel menggunakan alat khusus.
Demikianlah Cara Kerja Sistem Injeksi Pada Mobil (Electronoc Fuel Injection), semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Source: Infomobilku.com


0 komentar:

Poskan Komentar